REBUT MINAT PEMUDA DI TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Terwujudnya Indonesia Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045 merupakan visi dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Berbagai tantangan dalam pembangunan pertanian saat ini diantaranya adalah langkanya generasi muda yang berminat dibidang pertanian dan menyusutnya luas lahan pertanian secara drastis. Di kabupaten Sleman sendiri setiap tahunya terjadi konversi lahan pertanian menjadi perumahan dan industri sekitar 200 Ha.

Citra petani yang tua, miskin, kuno dan kotor membuat bidang pertanian tidak diminati anak muda. Generasi muda saat ini menyukai profesi yang keren, banyak uang dan bergengsi serta mereka tidak bisa lepas dari teknologi dan internet. Pada era revolusi industri 4.0 ini konsep pembangunan pertanian juga mengalami perkembangan yaitu memanfaatkan IT untuk mendukung berbagai kegiatan on farm maupun off farm. Berbagai penerapan teknologi canggih dibidang pertanian diharapkan dapat menarik minat generasi muda ke bidang pertanian.

Kegiatan promosi bidang pertanian secara massif dan kontinyu berusaha dilakukan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. Salah satu kegiatannya yaitu peringatan HARI PANGAN SEDUNIA KABUPATEN SLEMAN yang 39 yang akan dilaksanakan pada Rabu-Jum-at, 18-20 September 2019 di halaman Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, jln. Radjimin, Sucen, Tridadi, Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *